Connect with us

Ragam Bentuk Alis Mata Pria dan Wanita serta Selebritis Pemiliknya

Tahu Gak

Ragam Bentuk Alis Mata Pria dan Wanita serta Selebritis Pemiliknya

Alis mata pada wajah manusia dapat diibaratkan sebagai bagian dari bingkai wajah manusia karena dapat membentuk karakter dan memperindah dari wajah tersebut. Alis mata ternyata bukan hanya sebagai bagian dari keindahan wajah saja, namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: Lima Warna Mata Yang Sangat Jarang Ditemukan dan Selebriti Hollywood Yang Memilikinya

Alis mata merupakan bagian yang terdapat di atas kelopak mata yang tersusun atas rambut – rambut, biasanya terdapat pada sebagian besar mamalia. Alis memiliki banyak fungsi atau manfaat, diantaranya adalah:

  • Fungsi kesehatan yaitu menahan keringat dan kotoran dari dahi atau kepala agar tidak langsung jatuh dan masuk ke dalam mata.
  • Fungsi kecantikan dan pembeda. Tuhan sebenarnya sudah menciptakan manusia seindah-indahnya beserta dengan perbedaannya agar dapat dikenali, salah satunya pada alis.
  • Fungsi emosi. Alis dapat menyatakan berbagai rasa emosi mulai dari rasa senang, sedih atau bahagia, murung, galau dan sebagainya.
  • Fungsi komunikasi. Orang-orang kadang mengekspresikan alisnya untuk berkomunikasi, misalnya orang yang sedang bingung akan mengerutkan alisnya untuk menyatakan kebingungan itu sendiri atau mengangkat alis untuk menyatakan kemarahan. Biasanya tindakan ini berhubungan juga dengan ekspresi mata.
  • Fungsi menciptakan kesan atau sifat. Awal bertemu dengan orang lain kita akan membuat kesan atau sifat pada orang tersebut salah satunya adalah dengan melihat bentuk alis.

Bentuk alis mata pada wanita dan pria cukup berbeda. Umumnya alis wanita lebih tipis daripada pria. Sifat yang dikesankan pada alis mata wanita dan pria pun memiliki perbedaan.

Berikut bentuk alis mata pada wanita dan pria beserta sifat dan selebritis dunia yang memilikinya.

# Alis Mata Pada Wanita #

Alis pada wanita memiliki peran yang cukup penting terutama untuk kecantikan. Para wanita masa kini berlomba-lomba untuk mengubah bentuk alisnya dengan alasan agar terlihat lebih cantik dan feminin. Bermacam-macam tindakan pembentukan alis untuk kecantikan seperti tato alis hingga sulam alis menjadi tren di kalangan pecinta kecantikan.

Berikut adalah bentuk-bentuk alis pada wanita beserta sifat yang dicerminkannya dan selebritis pemiliknya.

1. Unibrow (Alis Mata Menyambung)

Ada dua kemungkinan perbuatan yang akan dilakukan para wanita pemilik unibrow terhadap alisnya, membanggakannya atau menghilangkannya. Bagi para wanita yang merasa unibrow terlalu maskulin mungkin akan membuangnya, sementara bagi para wanita yang bersyukur akan perbedaannya barangkali akan mempertahankannya.

Unibrow mengalami masa kejayaan pada masa Yunani dan Romawi Kuno. Pada masa itu, wanita yang memiliki unibrow dinilai dan dihargai sangat cantik juga alami. Bahkan, wanita yang tidak memilikinya sengaja menghitamkan bagian di antara dua alisnya tersebut agar mendapatkan penampilan seperti unibrow.

Kajol, gambar: fashionlady.in

Kajol, gambar: fashionlady.in

Pemilik unibrow dikesankan sebagai seorang pemikir dan memiliki banyak gagasan. Salah satu selebritis yang memiliki unibrow adalah Kajol, aktris asal India yang terkenal bermain di film Kuch Kuch Hota Hai (1998) dan Kabhi Khushi Kabhie Gham… (2001).

sweater-rajut-pria

2. Thick Eyebrows (Alis Mata Tebal)

Seperti halnya unibrow, alis yang tebal bagi wanita kadang merupakan berkah juga kutukan. Menjadi berkah karena dengan memiliki alis tebal, wanita dapat dengan mudah membentuknya tanpa harus menggambarnya. Apalagi sekarang muncul tren alis tebal seperti ulat bulu. Menjadi sebuah kutukan karena alis jenis ini cepat sekali tumbuhnya, pemiliknya harus rajin-rajin merapikannya agar terlihat lebih feminin.

Cara Delevingne, gambar: hotbirthdays.com

Cara Delevingne, gambar: hotbirthdays.com

Pemilik alis tebal sering dikaitkan dengan sifat maskulin, aktif, percaya diri, dan enerjik. Kadang, mereka bisa jadi mudah frustasi hanya karena orang-orang menahan apa yang ingin mereka lakukan. Selebritis yang memiliki alis tebal contohnya adalah model terkenal Cara Delevingne.

3. Thin Eyebrows (Alis Mata Tipis)

Alis tipis hanya memerlukan perlakuan merapikannya saja. Bagi yang ingin mengikuti tren alis tebal tentu dibutuhkan pensil alis sebagai pembentuknya. Pemilik alis tipis dinilai memiliki sifat yang feminine dan halus. Mereka juga memiliki kepribadian yang meragukan diri, tidak yakin, dan mudah percaya dengan apa yang orang-orang katakan pada mereka atau pesimis. Namun, mereka juga selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan. Selebritis yang memiliki alis tipis contohnya adalah Taylor Swift.

Taylor Swift, gambar: playbuzz.com

Taylor Swift, gambar: playbuzz.com

4. Flat Eyebrows (Alis Mata Lurus)

Banyak para pakar kecantikan menyarankan agar para pemilik alis lurus memperlebar jarak antar kedua alis agar membuat alis yang lurus tersebut tidak terlalu tampak jelas. Pemilik alis tanpa lengkungan ini dinilai cenderung berpikir logis dalam mengambil keputusan dan bukan orang yang emosional. Mereka juga cukup percaya diri, tegas, dan sedikit maskulin. Salah satu contoh selebritis yang memiliki alis ini adalah Jessica Alba.

Jessica Alba, gambar: stylebistro.com

Jessica Alba, gambar: stylebistro.com

5. Arched Eyebrows (Alis Mata Melengkung)

Para wanita yang memiliki alis mata melengkung yang tinggi dinilai sangat beruntung dan sempurna. Mereka tidak membutuhkan perlakuan yang berlebihan pada alis mereka. Pemilik alis melengkung dinilai sebagai orang yang kreatif, memiliki rasa humor yang tinggi, pemikir, cenderung berpikir akan kebutuhan orang lain, bijaksana dalam berkomunikasi, mencari win-win solution, dan bukan orang yang suka sendiri. Contoh selebritisnya adalah Beyoncé Knowles.

Beyoncé Knowles, gambar: lut.dromgig.top

Beyoncé Knowles, gambar: lut.dromgig.top

# Alis Mata Pada Pria #

Mayoritas alis pada pria adalah tebal. Faktanya alis pada pria memiliki jumlah rata-rata sekitar 500 lembar. Pria masa kini terutama pria yang sadar fashion maupun metroseksual, tidak ragu untuk mencabut alis mereka agar lebih rapi. Sementara tren alis di masyarakat biasanya mengikuti para selebritis yang mereka idolakan seperti baru-baru ini Charlie Puth dengan alis terbelahnya yang diakibatkan oleh kecelakaan karena anjing.

Yang membedakan alis pria satu dengan yang lainnya adalah bentuk dan sudutnya. Seperti halnya wanita, sifat pria pun dapat dibaca lewat bentuk alisnya.

Berikut adalah bentuk-bentuk alis pada pria beserta sifat yang dicerminkannya dan selebritis pemiliknya.

1. Unibrow (Alis menyambung)

Di beberapa negara, alis jenis ini merupakan simbol kecantikan, sementara itu di Amerika biasanya mereka mengaitkannya dengan tokoh kartun atau boneka seperti karakter Bert pada Sesame Street. Unibrow bahkan ada yang mengaitkannya dengan kriminal.

Adrian Grenier, gambar: buzzfeed.com

Adrian Grenier, gambar: buzzfeed.com

Pria dengan unibrow dinilai sebagai pria yang berani, percaya diri, dan suka untuk memiliki waktu yang baik. Contohnya adalah Adrian Grenier.

2. Alis tebal dan bersiku miring

Memiliki karakter bersemangat, rasa peduli yang tinggi, berjuang untuk apa yang diyakininya, baik, cukup terbuka, dan cenderung menyukai isu politik.Namun ketika terjadi masalah personal maka dia akan sangat tertutup. Contohnya adalah George Clooney.

George Clooney, gambar: ccommunicationandpeople.blogspot.com

George Clooney, gambar: ccommunicationandpeople.blogspot.com

3. Alis tipis dan bersudut

Memiliki karakter yang percaya akan mimpi dan keajaiban akan sesuatu yang tidak mungkin. Pria ini menyukai anak kecil dan sering bersifat kekanak-kanakan. Contohnya adalah Pharrell Williams.

Pharrell Williams, gambar: warosu.org

Pharrell Williams, gambar: warosu.org

4. Alis tebal dan lurus

Memiliki karakter percaya diri yang tinggi, tegas, murah hati dan baik. Tapi ia juga bisa bersikap keras kepala serta pengendali. Contohnya adalah Colin Farell.

Colin Farell, gambar: buzzfeed.com

Colin Farell, gambar: buzzfeed.com

5. Alis tebal, melengkung, dan berantakan

Pria dengan alis ini biasanya susah membangun sebuah hubungan, tidak mudah percaya pada pasangan, santai dan tidak suka sesuatu yang terlalu resmi dan mengikat. Contohnya adalah Jared Leto.

jared Leto, gambar: buzzfeed.com

jared Leto, gambar: buzzfeed.com

6. Alis tebal, kaku, dan bersudut

Ryan Gosling, gambar: gamercreated.com

Ryan Gosling, gambar: gamercreated.com

Pria dengan alis jenis ini biasanya sangat sensitif soal perasaan, memiliki sisi feminin, sangat peduli terhadap sekeliling dan penuh perhatian. Contohnya adalah Ryan Gosling.

Referensi:

http://klinikkecantikan.co.id
http://www.fashionlady.in/different-types-of-eyebrows-and-how-to-shape-them-for-a-flattering-look/16042
http://www.bintang.com/lifestyle/read/2322663/10-tipe-kepribadian-jika-dilihat-dari-bentuk-alis-alami
http://www.marieclaire.com/beauty/a6732/what-eyebrows-means/

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kevin Hendrawan, Vlogger Cerdas Juara L-Men 2014 dan Olimpiade Fisika - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top