Connect with us

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

daun-kelor

Tahu Gak

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Sering dengar ungkapan “Dunia tak selebar daun kelor”? Ungkapan ini memang benar apa adanya. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai.

Dibalik daunnya yang kecil, ternyata kelor (Moringa oleifera) menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Maka tidak salah orang tua jaman dulu sering mengolah daun kelor untuk sayuran dan obat tradisional.

Tumbuhan ini tumbuh subur pada dataran rendah maupun tinggi sampai ketinggian 1000 mdpl, banyak ditanam sebagai tapal batas atau pagar di halaman rumah zaman dulu. Termasuk paling banyak tumbuhan kelor ini ada di wilayah dengan iklim tropis dan sub tropis seperti Indonesia dan Afrika.

Saat ini daun kelor dilirik sebagai salah satu obat potensial untuk menangani berbagai penyakit, mulai dari alergi, pencernaan, gangguan peredaran darah dan khususnya melindungi organ dalam tubuh, seperti liver. Bahkan menjadi salah satu sayuran masa depan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi manusia, akibat dari global warming tahun 2050 mendatang.

Moringa-daun-kelor

Daun Kelor (Moringa) , gambar: yemiagbula.blogspot.co.id

Bahkan bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan dianjurkan oleh WHO untuk mengkonsumsi daun kelor, karena kandungan:

  • Vitamin C nya tujuh kali vit. C pada jeruk
  • Kalsiumnya empat kali kalsium pada susu
  • Vitamin A nya empat kali vit. A pada wortel
  • Proteinnya dua kali protein pada susu
  • Potasiumnya tiga kali lebih banyak dari pisang.

Nah, pada kesempatan kali ini, 4muda akan mengulas manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mempercepat Kesembuhan Luka

Mempercepat tertutupnya luka luar pada kulit adalah salah satu manfaat utama dari daun kelor. Baik daun, biji dan akarnya sama-sama memiliki bahan yang dapat mempercepat proses pembekuan darah.

Artinya semakin cepat proses pembekuan darah, pendarahan pun dapat ditekan. Penelitian menunjukkan, orang yang diberi daun moringa secara rutin akan menunjukkan membaiknya kulit pecah-pecah, mengurangi bekas luka, terutama mempercepat tertutupnya luka.

2. Memelihara Sistem Penceranaan

Salah satu manfaat yang tidak boleh disepelekan dari daun ini yakni mampu memelihara dan mengobati gangguan pencernaan. Kemampuan ini berasal dari zat Isothiocyanates, yakni zat yang berguna untuk memperbaiki berbagai gangguan pencernaan seperti radang usus, radang lambung dan sembelit.

sweater-rajut-pria

Bahkan, mengkonsumsi daun ini secara rutin dipercaya dapat mengurangi resiko terkena radang usus hingga kanker usus.

3. Mengontrol Diabetes

Moringa oleifera merupakan tumbuhan yang telah dikenal sebagai pengontrol diabetes. Ekstrak daunnya sangat bersifat anti-diabetes, yang mampu mengobati diabetes melitus sekalipun.

Zat pada daun kelor memiliki dampak positif untuk mengurangi kadar protein dan gula pada darah yang akan disaring di dalam ginjal.

4. Melindungi Sistem Kardiovaskular

Pelindung sistem kardio merupakan salah satu manfaat utama dari mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Berkat kandungan anti-oksidannya, daun ini mampu melindungi organ penting seperti pembuluh darah dan jantung dari berbagai gangguan.

Bahkan, beberapa orang tua jaman dulu menggunakannya sebagai obat tradisional pengendali darah tinggi.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol Tubuh

Karena daun kelor mampu menyehatkan sistem kardio, daun ini juga mampu memelihara kadar kolesterol dalam tubuh. Saat ini kita dapat menjumpai ekstrak daun kelor di toko-toko obat sebagai obat alami untuk menurunkan kadar LDL, penyebab kolesterol.

6. Melindungi Liver

Nah, ini dia manfaat utama dari daun kelor untuk kesehatan tubuh, yakni melindungi organ liver. Berkat kandungan polyphenols yang cukup tinggi, membuat daun kelor sangat ampuh melindungi beberapa organ dalam tubuh, seperti liver.

Saat ini, efektivitas pengobatan penyakit liver dengan daun kelor telah terbukti, dengan ditemukannya zat aktif di dalam daun kelor yang bersifat anti-tuberkular.

7. Turut Menyehatkan Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukan bahwa daun moringa juga bermanfaat untuk kesehatan otak, khususnya fungsi kognitif. Keampuhan tersebut berkat daun ini kaya akan zat anti-oksidan yang bersifat meningkatkan kemampuan sel-sel saraf. Juga, daun ini mampu mengobati penyakit kepikunan atau Alzheimer.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Satu lagi manfaat dari daun moringa yakni mampu memelihara kesehatan tulang sejak dini. Keampuhan ini berkat mineral essensial, kalsium dan phosfor. Ditambah, di dalam daun ajaib ini ditemukan zat anti-peradangan yang membuatnya efektif dalam menghilangkan rasa nyeri akibat gesekan antar tulang saat bekerja atau berolahraga.

9. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Merangsang pertumbuhan rambut agar cantik merupakan salah satu manfaat daun kecil ini. Faktanya, kurangnya nutrisi dapat menyebabkan berbagai gangguan pada rambut. Nutrisi yang terdapat pada daun ini, seperti vitamin A dan zat seng, dapat meningkatkan kesehatan rambut.

10. Mencerahkan Kulit

Selain rambut, daun kelor juga mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit. Saat ini, telah ada ekstrak minyak dari campuran daun kelor dan bijinya, yang bermanfaat untuk kulit. Ekstrak minyak ini mengandung zat anti-oksidan tinggi, seperti vitamin A, C, E dan bioflafonoid yang mampu memperlambat proses penuaan dini, seperti kulit pecah-pecah, keriput dan bintik hitam.

11. Meningkatkan Kesehatan Mata

Tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan otak, daun ajaib ini juga mampu merangsang dan menyehatkan kesehatan mata. Lagi-lagi keampuhan ini berkat zat anti-oksidan pada daun ini yang cukup lengkap, seperti vitamin A, C dan E.

12. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat utama selanjutnya dari daun herbal ini yakni mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Daun ini mampu merangsang sel-sel tubuh agar selalu senantiasa waspada terhadap berbagai serangan radikal bebas.

13. Turut Mencegah Datangnya Kanker

Manfaat anti-kanker pada daun kelor ini, telah ditunjukkan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 2011 jurnal “Food and Chemical Toxicology.”

Ekstrak daun kelor terindikasi mampu membunuh sel-sel penyebab kanker dan mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa daun ajaib ini menunjukkan potensi sebagai pencegahan kanker alami.

14. Mengobati Edema

Edema merupakan gejala penyakit yang ditandai terjadinya pembengkakan jaringan lunak. Penyebabnya banyak, mulai dari terkena gigitan serangga beracun hingga benturan keras saat beraktivitas.

Daun kelor memiliki sifat anti-peradangan yang telah terbukti mampu meringankan sakit akibat pembengkakan. Keampuhan ini berkat zat yang disebut indomethacin, zat anti nyeri.

15. Memelihara Berat Badan

Memiliki berat badan ideal merupakan harapan setiap orang. Namun, akibat gaya hidup yang salah membuat impian tersebut dapat kandas. Salah satu cara untuk memperoleh berat badan ideal yakni dengan menjaga makanan yang kita makan.

Studi memperlihatkan bahwa daun kelor sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan. Dampaknya merangsang metabolisme untuk lebih membantu tubuh membakar kalori dengan lebih cepat.

16. Dapat Dikonsumsi Menjadi Makanan Lezat

Selain dapat mengobati berbagai penyakit diatas, daun kelor juga enak untuk diolah menjadi makanan menyehatkan. Misalnya, dapat dijadikan bahan untuk membuat sup, sayur atau salad.

Selain lezat, daun moringa juga kaya akan protein, asam amino seperti aregenine dan histidine yang baik untuk tubuh.

Demikian beberapa manfaat daun ajaib ini semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kelor
http://vkool.com
http://www.naturallivingideas.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top