Hukum Ke-3 Newton: Aksi dan Reaksi

No Comment Yet

Guys, yuk kita pahami tentang Hukum Ke-3 Newton: Gaya Aksi dan Gaya Reaksi

Setelah kita mengetahui tentang Gaya dan jenis-jenisnya serta Hukum-hukum Newton Tentang Gerak, kita perdalam pengetahuan mengenai Hukum ke-3 Newton.
Coba perhatikan Gambar berikut:

Gambar tersebut menunjukkan seorang anak yang sedang bermain skateboard. Bagaimanakah cara anak tersebut dapat bergerak maju dengan skateboardnya?

Definisi Gaya Aksi dan Reaksi

Bagaimana cara anak tersebut bergerak dengan skateboard miliknya? Jawabannya karena ada gaya reaksi akibat gaya aksi yang diberikan pada skateboard oleh anak tersebut sehingga skateboard terdorong.

Hukum Ke-3 newton ini menjelaskan bahwa setiap ada gaya aksi yang dikenai pada suatu benda maka akan timbul gaya reaksi yang sama besar namun berlawanan arah.

Hal ini menunjukkan bahwa aksi dan reaksi selalu berpasangan: bagaimana dengan kasus skateboard tersebut? Anak menekan tanah dengan kakinya kebelakang sebagai gaya aksi, kemudian skateboard terdorong bergerak maju sebagai reaksi.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, Gaya Aksi dan Reaksi bermakna:

  1. Gaya aksi dan gaya reaksi besarnya sama.
  2. Memiliki arah berlawanan (ditunjukkan dengan tanda minus pada rumusnya).
  3. Terjadi pada objek/benda yang berbeda, seperti kasus diatas bahwa “kaki anak menekan tanah dan tanah memberikan reaksi pada skateborad dan anak tersebut.  Atau seperti ilustrasi di bawah ini:
Kejadian di atas menunjukkan bahwa saat dua anak dengan skateboardnya saling mendorong satu sama lain, maka yang akan terjadi kedua anak tersebut adalah terdorong kebelakang dengan arah yang berlawanan dengan sama besar. Bagaimana, sudah paham dengan gaya aksi reaksi ini?

 

Rumus Hukum Ke-3 Newton:
Berdasarkan penjelasan di atas maka dirumuskan rumus gaya aksi reaksi sebagai berikut:

Faksi = – Freaksi

 

Simulasi
Coba lakukan simulasi berikut dengan mengklik link ini Simulasi Hukum Ke-3 Newton: Aksi dan Reaksi

Video Penjelasan:
Coba perhatikan penjelasan Hukum ke-3 Newton ini:

Pertanyaan:
Seorang anak dengan massa 80 kg berdiri di dalam lift dan naik dengan percepatan 3 m / s ^ 2. Berapakah gaya resultan yang bekerja pada anak laki-laki karena gerakan lift?
 
Jawaban: 
F = m a
F = 80 x 3 = 240 N
gaya aksi = gaya reaksi sehingga resultan gaya sama sebesar 240 N
 
Tugas:
Coba Analisis apa yang terjadi pada anak di atas kereta setelah ditarik oleh anak satunya seperti pada gambar. Gambarkan juga gaya-gaya yang bekerja pada benda tersebut:
 
sumber partner: ck-12.org
Up Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *