Connect with us

Tahu Gak

Apakah Yang Dimaksud Startup?

sweater-rajut-pria

Era modern ini sering kita mendengar kata “Startup” atau biasa ditulis “Start-up” yang makin berkembang diseluruh dunia termasuk Indonesia. Perkembangan Startup sendiri  beriringan dengan perkembangan teknologi dan jaringan internet yang makin luas dan cepat dan dimanfaatkan anak muda kreatif yang bergerak dalam bidang tersebut.

Lalu apa yang dimaksud dengan Startup?

Dari sumber wikipedia kita bisa menemukan bahwa definisi dari startup adalah usaha kewirausahaan atau bisnis baru dalam bentuk perusahaan, kemitraan atau organisasi sementara yang dirancang untuk mencari model bisnis berulang dan terukur.

Perusahaan-perusahaan ini, umumnya baru dibuat, sebagai inovasi dalam proses pembangunan, validasi dan penelitian untuk target pasar. Istilah startup menjadi populer secara internasional diawali dengan domain dot-com ketika sejumlah besar perusahaan berbasis online dengan website berdomain dot-com didirikan. Karena latar belakang ini, banyak yang menganggap startup merupakan perusahaan teknologi, tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar karena esensi startups lebih berkaitan dengan ambisi tinggi, inovasi, skalabilitas, dan pertumbuhan.

Jika kita perhatikan lagi, kata startup dan perkembangannya makin menjadi saat facebook hadir ditengah masyarakat dalam menggunakan social media, seiring waktu facebook telah menjadi perusahaan raksasa, sehingga tak heran menjadi salah satu contoh terbaik dalam mendirikan startup yang kini terus tumbuh diberbagai belahan dunia melalui tangan kreatif generasi muda yang tak lepas dari internet atau kita kenal generasi Y dalam memanfaatkan teknologi untuk membuat perusahaan pemula.

Seperti halnya saat ini yang sedang marak di Indonesia perusahaan aplikasi mobile Go-Jek, atau marketplace Bukalapak, Tokopedia, serta perusahaan berbasis web layaknya Kaskus adalah contoh sukses perusahaan pemula yang terus berinovasi menjadi perusahaan raksasa di Indonesia.

Setiap startup tentu memiliki ide, konsep serta cara yang berbeda dalam mengembangkan perusahaannya, namun umumnya mengikuti beberapa tahap yang terorganisir dengan baik untuk berkembang pesat seperti diagram tahapan pengembangan startup berikut ini:

Diagram Tahapan Pengembangan Startup

Proses Pembentukan Startup, gambar: wikipedia.org

Proses Pembentukan Startup, gambar: wikipedia.org

Gambar di atas menunjukkan tahapan pengembangan startup mulai dari menemukan ide, konsep, hingga komitmen diantara founder, co-founder dan tim. Kemudian menentukan validasi produk, pemasaran, serta pengembangan tahap selanjutnya.

Suksesnya startup didukung oleh iInvestor dengan beragam proses pendanaan, seperti melalui crowdfunding (kita kenal sebagai pendanaan sosial seperti salah satunya Kickstarter.com) hingga venture capital (pendanaan oleh perusahaan untuk pemodalan usaha seperti halnya CyberAgent Ventures).

Siklus Pendanaan Startup

Siklus Pendanaan Startup

Sering kita mendengar sebuah startup mendapatkan pendanaan dengan beberapa siklus/tahap yang dikenal pendanaan seri A, Seri B, C dan D. Ketika berinvestasi di startup, ada berbagai jenis tahap di mana investor dapat berpartisipasi. Babak pertama disebut seed round. Seed round umumnya adalah ketika startup yang masih dalam tahap sangat awal dari eksekusi bila produk mereka masih dalam tahap prototipe. Pada tingkat ini Angle investor (Investor malaikat) menjadi penolong yang berpartisipasi.

Putaran berikutnya disebut Seri A. Pada titik ini perusahaan sudah memiliki traksi dan dapat membuat pendapatan. Di Seri A putaran perusahaan modal ventura akan berpartisipasi bersama angel investor. Putaran berikutnya adalah Seri B, C, dan D. Ketiga putaran adalah pendanaan dari investor terkemuka menuju IPO termasuk perusahaan modal ventura dan perusahaan ekuitas swasta yang akan ikut berpartisipasi.

Apakah dengan pendanaan tersebut semua startup sukses? Jawabannya tidak semua, seperti namanya yang merupakan perusahaan pemula dan perlu pengembangan ada yang bertahan dan terus maju ada yang ditengah perjalanan gugur karena beragam faktor. Namun hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dalam startup, sebagai salah satu pelaku bisnis tentu saja ada siklus kadang laku kadang tidak.

Apakah karakteristik utama dari startup yang berkembang saat ini?

Karakteristik startup pada umumnya bisa dikenali pada beberapa hal yang mungkin kita ketahui sebelumnya atau belum sama sekali kita ketahui, diantaranya:

  • Berbasis Website/Aplikasi Mobile. Pesatnya penggunaan internet melalui perangkat komputer hingga smartphone mengharuskan startup memiliki website resmi minimal profil sebagai identitas perusahaannya, terlepas menjalankan usahanya dalam bentuk website itu sendiri, atau hanya melalui aplikasi mobile. Salah satu contohnya Go-Jek yang beroperasi melalui aplikasi mobile lewat smartphone Android ataupun Iphone.
  • Berjiwa Muda. Pendiri maupun karyawannya biasanya sekumpulan anak muda berusia produktif sekitar 20 – 35 tahun ataupun orang dewasa lebih dari 35 tahun yang berjiwa muda.
  • Baru dibuat. Sesuai namanya Startup biasanya baru dibuat atau berusia kurang dari 3 tahun. Atau bisa kita sebut perusahaan pemula yang baru lahir.
  • Kebanyakan startup bergerak dalam bidang Teknologi. Kadangkala penyempitan makna startup menjadi hal yang disebut benar saat ini. Salah satu contohnya jika kita memiliki usaha jual tiket di toko offline maka tidak disebut startup, namun jika menjual tiket secara online yang bisa dipesan lewat website dan aplikasi mobile bisa disebut startup. Sehingga tak heran kebanyakan startup menuju ranah teknologi.
  • Karyawan sedikit. Jika ada perusahaan startup lebih dari 20 karyawan maka disebut bukan startup karena sudah masuk kriteria perusahaan yang bukan lagi pemula. Seperti contoh Tokopedia sebagai perusahaan marketplace yang semua karyawan dua orang disebut start-up hingga saat ini sudah ratusan karyawan sudah termasuk pada perusahaan besar.
  • Startup memerlukan suntikan dana. Sebagai pemula, startup memerlukan dana segar untuk mengembangkan usaha dan proyek yang akan dijalankan. Karena pendirinya kebanyakan usia muda yang sedang meniti karir sebagai founder yang merangkak dari bawah.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Startup_company
http://www.plimbi.com/article/160520/mengenal-startup-dan-7-karakteristiknya-

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 15 Langkah Penting Jualan Online Bagi Pemula - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top