Connect with us

Top 10

10 Tempat Jual Beli Online Terpopuler di Indonesia Untuk Berbisnis Online

sweater-rajut-pria

Entrepeneur Indonesia kini makin bertambah, seiring dengan kemudahan dalam melakukan jual beli melalui media online. Jual beli online mampu meningkatkan omset penjualan serta mempermudah pembeli melakukan transaksi tanpa harus datang langsung ke toko penjual yang terletak jauh di luar kota.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk ke-4 terbanyak di dunia, sehingga kesempatan untuk menjadi seorang entrepeneur dalam bidang jual beli produk sangatlah berpeluang besar. Maka tak herean kini bermunculan startup yang menyediakan penjual perorangan ataupun pembeli untuk melakukan kegiatan jual beli online dengan sangat praktis dan bisa dilakukan lewat smartphone.

Berikut adalah 10 tempat jual beli online terpopuler dan terbesar di Indonesia saat ini, sebagai solusi mudah dalam berbisnis online ataupun berbelanja online yang terpercaya serta gratis:

1. Olx.co.id (Sebelumnya Tokobagus)

Situs ini bisa dibilang sebagai tempat jual beli online terbesar di Indonesia. Tempat dimana penjual dapat melakukan penjualan barang bekas dan barang baru secara gratis. Olx yang tadinya bernama tokobagus ini memiliki ranking alexa #16 di Indonesia.

Olx saat ini sepertinya lebih memfokuskan jual beli online pada barang bekas seperti kendaraan motor bekas, gadget bekas ataupun perabotan rumah tangga bekas pakai. Meski memang barang barupun masih bisa dijual lewat olx, akan tetapi fasilitas penjualan yang diberikan barang bekas lebih banyak dibanding barang baru terutama dalam promo produk yang dijualnya.

Berdasarkan pengalaman team gomuda, olx sangat bermanfaat dalam menjual produk bekas maupun baru, karena rangkingnya yang sangat baik memungkinkan lebih banyak orang melihat produk kita, terlebih jika ditambahkan poin promo yang ditawarkan olx.

2. Bukalapak.com

Bukalapak sepertinya mulai menyusul kepopuleran dari tokopedia dan berniaga.com yang saat ini menempati ranking ke #23 di Indonesia. Jika diperhatikan sasaran bukalapak lebih kepada penjualan produk hobi. Seperti produk sepeda, kamera, gadget, komputer dan lainnya. Meskipun produk fashion juga jadi salah satu produk dimana penjual bisa melakukan penjualan online lewat bukalapak.

Berbeda dengan berniaga, bukalapak, tokopedia, elevenia dan lainnya berperan sebagai perantara terpercaya, dimana pembeli melakukan transfer pembelian produk melalui rek bukalapak sehingga kepercayaan dan keamanan lebih dirasakan bagi pembeli serta penjual.

3. Tokopedia.com

Tokopedia merupakan salah satu tempat berjualan online paling aman dan nyaman, serta terbilang lengkap dengan harga termurah dan sedikit mahal. Sesuai dengan konsepnya sebagai mall online terbesar di Indonesia, tokopedia menjadi wadah yang mampu memberikan fasilitas terbaik bagi penjual dalam menjaul produknya.

Begitupun pembeli lebih merasa nyaman lewat tokopedia dengan beragam fasilitas yang sangat transparan serta mudah digunakan. Transaksi dilakukan melalui rekening tokopedia baru diberikan kepada penjual, setelah barang sampai ditangan pembeli. Kemudian penjual melakukan tarik dana setiap transaksi selesai dilakukan.

Saat ini ranking alexa tokopedia menurun dari #34 menjadi #41 di Indonesia. Pengalaman dari Gomuda saat melakukan penjualan, sangat direkomendasikan selain gratis juga memang terasa lebih aman dan nyaman.

4. Lamido.co.id = Lazada.co.id

Lamido yang juga sebagai partner dari Lazada, dapat dijadikan pilihan tepat berjualan online atau berbelanja online. Sejak dirilis awal tahun 2014, lamido mampu bersaing denga elevenia dan market online gratis lainnya.

Lamido yang masih berada diposisi #245 dalam ranking alexa di Indonesia, terus melakukan perbaikan dari segi fasilitas, maupun marketingnya. Gomuda yang juga sebagai member lamido, merasakan kepuasan tersendiri dalam menjual produk Men’s Knit Sweater. Transaksinya cukup mudah serta gratis tanpa biaya apapun.

#Update 2015: Mulai Maret 2015 lamido digabung dengan Lazada.

5. Elevenia.co.id

Elevenia merupakan situs baru namun sukses menarik perhatian dengan beragam fasilitas yang diberikannya kepada penjual maupun pembeli. Setelah sebelumnya memperoleh beragam komentar mengenai sulitnya mengisi form penjualan lewat elevenia. Nampaknya Elevenia yang juga menjadikan aktris cerdas Cinta Luara sebagai Ambassador melakukan banyak perbaikan, terutama kemudahan dalam penjualan serta pembelian.

Saat ini ranking alexa untuk elevenia.co.id memang masih di bawah tokopedia, tepatnya diangka #97. Namun demikian, Elevenia sebagai bagian dari XL juga membuktikan bahwa mereka dapat mefasilitasi penjual dan pembeli dapat melakukan transkasi dengan mudah dan beragam pilihan produk mulai dari pakaian hingga makanan seklaipun seperti konsepnya surga belanja online.

6. Mataharimall.com

Matahari kini memiliki mall online yang beralamtkan matahrimall.com. Diresmikan akhir tahun 2015, mataharimall.com mampu bersaing dengan marketplace lainnya seperti lazada, qoo10, elevenia dan tokopedia. Saat ini Mataharimall menyediakan lapak bagi penjual online yang memiliki produk untuk dijual. Daftar gratis, tetapi wajib deposti 500.000 rupiah yang dipotong dari hasil penjualan di bulan pertama. Ranking alexa mataharimall.com saat ini berada di posisi #97.

7. Qoo10.co.id

Qoo10 yang berasal dari korea ini, berjaya sebagai situs jual beli diberbagai negara terutama Asia, seperti singapura, malaysia, hingga Indonesia. Terbukti dengan banyaknya penjual dan pembeli melakukan transaksi lewat Qoo10.

Saat ini ranking alexanya berada diposisi ke #160, cukup menjadikan Qoo10 sebagai pilihan tepat menjual produk maupun berbelanja online.

8. FJB Kaskus

Kaskus bisa dibilang sebagai forum terbaik dan terlengkap serta terpopuler dari semua forum yang ada di Indonesia. Ranking alexa untuk kaskus.co.id sendiri menempati angka #8 yang merupakan nilai terkuat diantara tempat jualan online lainnya.

FJB (Forum Jual Beli) kaskus dapat dilakukan secara gratis untuk melakukan penjualan. Transaksi pembeliannya bisa langsung dengan penjual ataupun lewat rekening bersama atau kaspay. Kelebihannya karena sifatnya forum, maka transparansi sangat kuat, namun untuk tenar di FJB harus aktif serta memiliki produk unik dan review yang banyak.

9. Blanja.com

Blanja.com, merupakan tempat jual beli online baru seperti halnya jualo.com. Tak ada salahnya berjualan di blanja.com mengingat kesempatan bisa ada dimana saja mungkin di blanja.com ataupun yang lainnya.

sweater-rajut-pria

Ranking alexa blanja.com yang juga menyatakan sebagai mitra dari ebay berada diurutan #397 di Indonesia. Beragam produk bisa dijual dan dibeli disitus ini, layaknya ebay.

10. Jualo.com

Diurutan terakhir ada jualo.com yang baru saja dirilis beberapa bulan yang lalu. Situs ini sama persis dengan yang lainnya menjual beragam jenis produk lokal hingga branded bahkan hingga rumah dan jasa.

Hari ini jualo menempati ranking alexa #358 menyusul blanja.com. Persaingan ketat dilakukan jualo.com maupun situs jual beli online lainnya dengan beragam keunikan dan penawaran bagi penjual maupun pembeli.

Bagi yang ingin berjualan online gratis, silahkan mencoba berbisnis online dengan menjajakan dagangan kita lewat sepuluh tempat jual beli online di atas. Namun perlu diperhatikan, kejujuran serta pelayanan jadi salah satu pendukung terbesar. Anda juga perlu smartphone untuk menunjang penjualan melalui aplikasi pada Android.

Continue Reading
You may also like...
3 Comments

3 Comments

  1. Cahaya Abadi Express

    January 15, 2016 at 14:11

    Siapp, trmksh atas share nya. Semoga membawa manfaat bagi pengguna dan pemilik nya. 😀

  2. Pingback: 15 Langkah Penting Jualan Online Bagi Pemula - 4muda.com

  3. vimax batam

    August 25, 2016 at 21:09

    trimakasih atas share nya semoga membawa manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top