Connect with us

10 Merek Motor Terbaik Di Dunia (2017)

merek-motor-terbaik, gambar motorcyclistonline.com

Top 10

10 Merek Motor Terbaik Di Dunia (2017)

Ketika kita berencana akan membeli sebuah sepeda motor, pastinya kita menginginkan motor terbaik dengan kualitas tinggi. Sisi lain, banyak perusahaan menawarkan motor dengan desain impresif dan hemat bensin, namun hal itu dapat dimiliki jika kita memilih merek motor terkenal dan telah terbukti kemampuannya.

Kemampuan sebuah merek motor terkenal biasanya telah teruji melalui keikutsertaannya dalam beberapa kompetisi dunia, seperti Motorcycle Grand Prix (MotoGp), Superbike Racing, Supersport Racing, Supercross atau Supermoto.

Selain kemampuan, biasanya kita juga memperhatikan fitur atau inovasi terbaru pada motor, seperti jumlah transmisi gear, bags (ruang serbaguna), aksesoris, sistem pengereman, dan ketahanan ban.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, 4muda akan mengulas sepuluh merek motor terbaik di dunia saat ini.

10. KTM

KTM, gambar pinterest.com

KTM, gambar pinterest.com

Pada list pertama terdapat merek motor yang handal memproduksi motor sport, KTM. Didirikan oleh Hans Trunkenpolz pada tahun 1934 di Mattighofen, Austria. Merek ini juga dikenal sebagai penghasil sepeda motor lintas alam, seperti off-road, trail dan enduro.

Merek ini mungkin tidak sefamiliar merek perusahaan Jepang atau Amerika, namun KTM menjanjikan desain dan model motor yang agak berbeda dengan perusahaan lainnya. Misalnya, dari seri-Duke, memiliki geometri rangka, suspensi, dan brake yang sangat stylish dan agresif.

Selain motor, KTM pun dikenal sebagai penghasil X-Bow, yakni kendaraan roda empat ringan, berbentuk seperti mobil formula satu.

9. Triumph

Triumph

Triumph, gambar maxabout.com

Bagi orang Indonesia, mungkin asing mendengar merek motor satu ini, Triumph. Triumph merupakan sepeda motor asal Inggris, yang didirikan oleh John Bloor pada 1984, setelah perusahaan aslinya, Triumph Engineering, mengalami kebangkrutan.

sweater-rajut-pria

Di tangan John, Triumph mengalami kebangkitan kembali paska masa kelam. Salah satu trik yang ia gunakan yakni mengubah pangsa pasar merek ini, hanya untuk hig-end dan seri limited edition. Makanya, desain dan model motor Triumph lebih original dan berbeda dengan perusahaan lainnya.

Beberapa selebritis dunia yang kelihatan berkeliaran memakai merek motor ini, diantaranya Tom Cruise, Ryan Reynolds dan Clint Eastwood.

8. Aprilia

Aprilia

Aprilia, gambar mcnews.com.au

Setelah Perang Dunia ke II usai, Cavaliere Alberto Beggio, pengusaha asal Italia, mendirikan perusahaan sepeda motor di Noale. Nama Aprilia sendiri tekenal saat penerus Alberto, Ivan Beggio, membuat motor bermesin 50cc, sejenis mopeds (sepeda motor ringan dan berdaya rendah) dengan nama Colibri.

Baru lah pada tahun 1970an, Aprilia mulai membuat sepeda motor bermesin di atas 125cc. Keikutsertaan Aprilia dalam ajang kompetisi motorcross, enduro, trials, menjadikan merek motor ini perlahan-lahan dikenal khalayak ramai. Saat ini Aprilia termasuk Group Piaggio.

Apalagi saat Aprilia meluncurkan motor bermesin besarnya pada ajang MotoGp, nama Aprilia mulai diperhitungkan sebagai produsen motor dunia. Beberapa pembalap yang pernah merasakan mesin Aprilia, diantaranya Biaggi, Capirossi, Gramigni, Locatelli, Sakata, dan Valentino Rossi.

7. BMW

BMW

BMW, gambar motorcyclenews.com

Mendengar kata BMW, mungkin yang terlintas dalam pikiran adalah mobil mewah jebolan Jerman. Namun, di negara asalnya dan Eropa pada umumnya, BMW juga dikenal sebagai penghasil sepeda motor mewah bermesin besar, seperti motor Harley Davidson.

Melalui anak perusahaannya, BMW Motorrad, mereka merakit bermacam-macam motor dengan kapasitas mulai dari 450cc sampai dengan 1300cc. Selain diproduksi di Berlin, BMW motor juga diproduksi di Austria, Tiongkok, dan Taiwan.

Ketahanan merek motor ini sudah tidak diragukan lagi, dalam ajang Rally Dakar, nama BMW telah menempati enam kali juara dalam berbagai seri. Prestasi itu tentunya membuktikan pada dunia, bahwa BMW adalah produsen motor yang patut untuk diperhitungkan.

6. Suzuki

Suzuki

Suzuki, gambar rideapart.com

Di bawah naungan Suzuki Motor Corporation, merek motor satu ini cukup dikenal di Indonesia. Didirikan pada 1909 oleh Michio Suzuki, awalnya membuat mesin tenun otomatis khusus untuk kain sutera. Lalu, keuntungan dari penjualan mesin tenun ini, Michio investasikan pada proyek pembuatan mobil dan beberapa selang tahun berikutnya, sepeda motor Suzuki diluncurkan.

Walaupun secara pamor kalah dibandingkan merek senegaranya, namun merek ini menawarkan motor dengan spesifikasi sama dengan harga yang kompetitif. Di Indonesia sendiri, motor keluaran Suzuki kalah oleh Honda dan Yamaha, namun di luar negeri sana, merek ini cukup diperhitungkan. Buktinya, Suzuki selalu ikut dalam kompetisi bergengsi MotoGP.

5. Kawasaki

Kawasaki

Kawasaki, gambar bikertrader.com

Pada 121 tahun lalu, Shozo Kawasaki mendirikan perusahaan ini dengan bisnis awal membangun industri peralatan berat, seperti galangan kapal besar (ocean going), gerbong penumpang, lokomotif, turbin uap. Barulah pada 1954, perusahaan raksasa ini mulai memproduksi sepeda motor pertama mereka, yang dinamai “Meihatsu”.

Di bawah anak perusahaanya, Kawasaki Heavy Industries Motorcycle & Engine, merek motor ini cukup disegani di arena balap dunia, sekelas MotoGp dan Superbike. Motor-motor keluaran Kawasaki memiliki desain agak besar dan diperuntukan untuk para biker yang suka berpetualang di alam (motor cross dan trail) atau berpetualang di perkotaan (seri Ninja).

Motor Kawasaki ini disukai karena model yang keren dengan suara mesin yang khas. Selain di Jepang, Kawasaki membangun pabrik perakitan di luar, seperti di Amerika Serikat, Filipina, Indonesia dan Thailand.

4. Harley Davidson

Harley Davidson

Harley Davidson, gambar santabanta.com

Harley Davidson merupakan merek motor asal Amerika, yang didirikan mendekati abad ke 20, di Milwaukee, Winsconsin. Perusahaan ini sempat mengalami kerugian pada tahun pertamanya, karena gencarnya ekspansi motor-motor Jepang di Amerika Serikat.

Namun, berkat keputusan bijak para perancang dan ahli mesinnya, Harley hanya memfokuskan pada pembuatan motor gede dengan kualitas terbaik. Dari tahun 1977 hingga 2014, merek ini dikenal sebagai penghasil motor bermesin besar di dunia.

Salah satu faktor populernya merek ini yakni dengan adanya komunitas pecinta motor Harley Davidson di seluruh dunia. Motor ini memiliki suara mesin yang lebih besar dan khas, karena saluran pembuangan (knalpot) yang relatif besar.

3. Ducati

Ducati

Ducati, gambar ducati.com

Merek motor terbaik selanjutnya berasal dari pabrikan asal Italia, Ducati Motor Holding, S.p.A. Merek ini terkenal akan desain yang tambun dan dibuat dengan mengutamakan kualitas daripada kuantitas.

Berkantor pusat di Bologna, Italia, namun secara kepemilikan dimiliki oleh perusahaan Lamborghini (pabrik penghasil mobil mewah). Ducati juga tergabung dalam Group Volkswagen, korporasi multinasional otomotif asal Jerman.

Seperti halnya Harley dan BMW, Ducati lebih berfokus pada pembuatan motor kelas mid-high end, berupa sepeda motor besar dan mewah. Ciri lainnya, mesin keluaran Ducati selalu berjenis Desmodromic valve timing L-twin dengan rangka trellis.

Melalui mesin L-twin nya, akselerasi yang dihasilkan lebih cepat dibandingkan mesin empat langkah segaris buatan motor-motor Jepang.

2. Yamaha

Yamaha

Yamaha, gambar motorcyclespecs.co.za

Di posisi runner up terdapat merek motor asal Jepang, Yamaha. Merek ini didirikan oleh Torakusu Yamaha pada 12 Oktober 1887 dengan nama Yamaha Corporation, sebagai perusahaan yang menghasilkan berbagai macam produk alat musik, sepeda motor, sirkuit terpadu, dan elektronik rumah tangga.

Agar lebih fokus menangani urusan sepeda motor, maka pada 1 Juli 1955, berdirilah Yamaha Motor Company, yang kantor pusatnya di Iwata, Shizuoka, Jepang. Sebelumnya merek ini selalu berada di bawah bayang-bayang Honda, namun saat ini Yamaha mulai sejajar dengan Honda.

Tren kesejajaran ini ditunjukan melalui arena balap MotoGp. Sebelumnya, Yamaha selalu berada di belakang motor Honda atau Ducati saati dipacu pada lintasan lurus, namun saat ini, Yamaha mulai dapat mengejar para rival mereka melalui racikan mesin baru mereka.

1. Honda

Honda

Honda, gambar southbayriders.com

Bisa ditebak, merek motor manakah yang masih menguasai pasaran dunia, Honda. Bersama-sama dengan Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki, keempatnya merupakan perusahaan otomotif terbesar di Jepang.

Didirikan pada 24 September 1948 oleh dua sekawan, Soiciiro Honda dan Takeo Fujisawa, mereka berhasil membangun kerajaan sepeda motor paling kuat di dunia saat ini. Keberhasilan mereka tiada lain berkat impian dan inovasi tiada henti dari para engineering Honda.

Honda dikenal sebagai produsen motor dengan racikan mesin bakar empat langkahnya (4 tak) yang handal. Mesin buatan Honda terbilang bandel dan awet, sudah terbukti dalam ajang MotoGp.

Selain sepeda motor, Honda juga memproduksi mobil, ATV (kendaraan segala medan), generator listrik, mesin kelautan, mesin jet, robot, peralatan kebun dan baru-baru ini memproduksi pesawat terbang, melalui anak perusahaannya, Honda Aircraft Company.

Demikian sepuluh merek motor terbaik di dunia, semoga informasi kali ini menambah khazanah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/
http://www.teninsider.com/
http://www.trendingtopmost.com/
http://top10for.com

1 Comment

1 Comment

  1. alihamdan

    May 19, 2017 at 21:41

    ktm makin meraja sekarang bro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top