Top 10

10 Film Animasi Terbaik dan Berpendapatan Tertinggi Sepanjang Masa

toy story 3

Film animasi merupakan salah satu pilihan terbaik bagi anak-anak hingga dewasa, bahkan keluarga dalam mengisi liburan bersama. Sehingga tak heran pilihan film animasi selalu jadi favorit bagi kebanyakan keluarga di dunia.

Mulai dari Pinocchio hingga Frozen dan Big Hero 6, sudah membuktikan film-film animasi mampu menarik perhatian banyak pecinta film dari beragam kalangan hingga menjadi peraih film terbaik serta memperoleh pendapatan fantastis dari awal hingga kahir penyangannya di seluruh bisokop dunia.

Berikut merupakan 10 Film terbaik versi Oscar serta memperoleh pendapatan tertinggi sepanjang masa.

1. Toy Story 3

Toy Story 3 merupakan film animasi tahun 2010 yang juga sekuel ketiga dari Toy Story dan Toy Story 2 yang juga sukses  digemari anak-anak hingga dewasa. Terlebih film Toy Story 3 mampu membuat penonton mengeluarkan air mata karena kisahnya bermula saat Andy pemilik dari mainan-mainan tersebut akan pergi kuliah dan tidak lagi membawa mainannya ke kampus.

Mainan tersebut berakhir ditempat yang salah yaitu di tempat penitipan anak. Sehingga masalah banyak terjadi dan mereka berusaha melarikan diri. Terdapat karakter mainan baru seperti boneka Barbie dan Ken.

Toy Story 3 tercatat  sebagai film animasi terbaik dengan rating 8,4/10 versi imdb dan 8,9/10 versi rottentomatoes dan memperoleh dua piala Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year dan Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Song tahun 2011. Tak hanya itu, Toy Story 3 pun jadi film nomor kedua berpendapatan tertinggi senilai $1,063,171,911, setelah sebelumnya bertengger dinomor pertama dan dikalahkan Frozen tahun 2014.

2. Finding Nemo

Siapa yang tak tahu dengan animasi fenomenal ikan lucu bernama Nemo ini, bahkan di televisi lokal pun film animassi “Finding Nemo” sellau diputar disaat masa-masa liburan setiap tahunnya. Berkisah tentang Nemo yang terjaring nelayan dan disimpan dalam aqua mini. ayah dan teman-temannya berusaha menemukan Nemo dan membawanya pulang kembali ke asal mereka.

Film Finding Nemo yang tayang 2003 ini, berhasil menyabet satu piala Oscar sebagai Best Animated Feature tahun 2004. Serta mendapatkan rating tinggi 8,6/10 versi Rottentomatoes dan 8,2/10 versi imdb.

Tak sekedar populer dan memperoleh Oscar, film ini berhasil menempati urutan ke-5 sebagai film animasi terlaris sepanjang masa dengan pendapatan senilai $936,743,261.

3. Up

Bermula dari persahabatan dua anak kecil yang mengagumi penjelajah dunia, kemudian tumbuh dewasa dan menjadi sepasang suami istri yang bahagia dan berakhir dengan petualangan seru dengan rumah yang mengapung dengan balon-balon bersama Russell anak pramuka yang menggemaskan menjadi daya tarik tak terbantahkan bagi siapapun yang menontonnya.

Film Up tayang 2009 lalu dan menyabet dua piala Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year dan Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Score tahun 2010. Rating imdb 8.3/10 dan Rottentomatoes 8.,7/10 membuktikan kualitas dari film animasi terbaik.

Dari awal hingga akhir penyangan film Up di bioskop seluruh dunia, film ini mampu menjadi film nomor urut 13 sebagai film berpendapatan tertinggi sepanjang masa senilai $731,342,744.

4. Frozen

Film animasi ini bisa dibilang film paling fenomenal dan terpopuler diseantero dunia dari anak-anak hingga dewasa. Kisah yang beda dari kisah putri cantik kerjaan, membuat film ini begitu menarik disertai lagu-lagunya yang juga sangat populer dinyanyikan oleh dua penyanyi keren Idina Menzel dan Demi Lovato berjudul “Let It Go”.

Film Frozen tayang akhir tahun 2013 dan mampu menyihir seluruh dunia dan memperoleh penghasilan yang sangatluar biasa dan tidka pernah dicapai film animasi lainnya. Frozen menempati urutan pertama sebagai film animasi dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa senilai $1,279,852,693. Angka yang fantastis bahkan tak mampu dicapai Toy Story 3.

Tak hanya itu, film Frozen pun meraih dua piala Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year dan Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Song tahun 2014. Meskipun rating imdb dan Rotentomatoes hanya mampu mencapai 7,7/1, film ini tetap saja fenomenal.

5. Ratatouille

Film Prancis ini mampu menjadi film animasi terbaik yang pernah ada. Si Tikus cerdas memasak ini begitu menarik untuk ditonton. Kisahnya yang juga apik telah memenangkan satu kategori Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year tahun 2008.

Rating imdb 8,0/10 dan Rottentomatoes 8,5/10 membuktikan film ini sangat berkualitas dan sayang jika terlewatkan. Bahkan tercatat memperoleh penghasilan nomor urut 19 tertinggi sepanjang masa senilai $623,722,818.

6. Big Hero 6

Mengulang sukses Frozen, Walt Disney akhir tahun 2014 sukses besar dengan film animasi Big Hero 6. Film animasi ini begitu menarik dengan humor menggemaskan yang dilakukan Baymax, Robot balon plastik gendut yang dibuat untuk menolong pemiliknya. Tak hanya itu teknologi canggih dan unik pun bisa kita temukan di film Big Hero 6 ini.

Meskipun pendapatannya tak sebesar Frozen, Big Hero 6 mampu menempati urutan ke-16 sebagai film terlaris sepanjang masa dengan total keuntungan $651,774,054. Film ini pun mampu menyabet satu piala Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year awal tahun 2015.

7. Wall-E

Wall-E merupakan film animasi tentang robot penjelajah ruang angkasa yang akan menentukan nasib manusia di masa mendatang. Film ini tayang tahun 2008 dan mememnangkan penghargaan sebagai Best Animated Feature Film of the Year tahun 2009. Rating imdb 8,4/10 dan Rottentomatoes 8,5/10 patut kita tonton sebagai pilihan film seru bergenre animasi bersama keluarga.

Pendapatan bersih dari Wall-E ini ditutup hingga mencapai angka $521,311,860 yang menempati urutan ke-31 sebagai film animasi dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

8. The Incredibles

Film keluarga Superhero bentuk animasi ini sangat sayang jika dilewatkan. Kekuatan super yang dimiliki keluarga ini membuat kita seakan menginginkannya. Namun tentu saja tidak akan bisa kita miliki karena hanyalah sebuah film.

Film animasi The Incredibles ini tayang tahun 2004 danmemenangkan piala Oscar untuk kategori Best Achievement in Sound Editing dan Best Animated Feature Film of the Year di tahun 2005. Film ini pun berhasil meraih pendapatan sebesar $631,442,092 yang menempatkannya diranking ke-18 sebagai film animasi berpendapatan tertinggi.

9. Inside Out

Inside Out merupakan film animasi teranyar tahun 2015, yang diproduksi Pixar Animation Studios yang juga dirilis Walt Disney Pictures. Film ini mampu menggeser posisi salah film animasi terbaik sebelumnya dalam jajaran film animasi terbaik sepanjang sejarah seperti Pinocchio, bahkan penghasilan total yang diperolehnya melebihi film “UP” di tahun 2009.

Film animasi 3 Dimensi ini, terbilang sangat unik terlebih dengan ceritanya yang menggelitik sebagai cerita komedi drama versi animasi. Disutradarai oleh Pete Docter mengisahkan seorang Riley (Kaitlyn Dias) anak perempuan berusia 11 tahun yang mengalami gejolak emosional saat sang ayah memindahkannya dari Midwest ke San Francisco.

Lucunya di dalam pikiran Riley terdapat lima bentuk emosi yang diisi oleh aktris dan aktor populer, diantaranya: Joy – bahagia (Amy Poehler), Fear – takut (Bill Hader), Anger – marah (Lewis Black), Disgust – jijik (Mindy Kaling), dan Sadness – sedih (Phyllis Smith). Kelima emosi ini ada dalam pikiran Riley yang disebut dengan Headquartes (markas besar). Kepindahan Riley membuat kelima emosi ini saling berseteru untuk memilih yang terbaik bagi kehidupan baru Riley.

Kini Inside Out menempati posisi ke 54 dari 250 film terbaik sepanjang sejarah versi IMDB, serta diposisi ranking 14 sebagai film terlaris sepanjang sejarah. Selain itu film ini pun memperoleh penghargaan sebagai runner-up film terbaik dari Golden Space Needle Award dan dinominasikan dalam tiga kategori Teen Choce Award 2015.

10. Spirited Away

Film animasi asal Jepang ini ternyata mampu meraih prestasi besar di kancah perfilman dunia. Tayang tahun 2001 dan dirilis ulang tahun 2003 versi di Amerika, dan dunia mampu meraih piala Oscar sebagai Best Animated Feature tahun 2003. Film ini mendapatkan rating sangat poitif 8,6/10 versi imdb dan Rottentomatoes.

Spirited Away yang diproduksi Walt Disney dan disutradarai Hayao Miyazaki semula berjudul “Sen to Chihiro no Kamikakushi” diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi Spirited Away. Film ini memang tak masuk dalam 50 besar film animasi terlaris sepanjang masa, namun menjadi salah satu dari 10 animasi terbaik sepanjang masa yang pernah ada.

Film Spirited Away hanya mampu mencapai Box Office dan memperoleh penghaslan 9,9 juta dollar Amerika.

Tambahan:

11. Pinocchio

Nomor terakhir ditempati Pinocchio, meskipun sebenarnya Pinocchio menjadi urutan 6 besar versi Rottentomatoes sebagai film terbaik sepanjang masa. Namun karena film ini diproduksi tahun 1940 tentu diera modern ini, kualitas gambar tidak sebanding dengan film Big Hero 6 dan lainnya.

Akan tetapi Pinocchio merupakan salah satu awal dari beragamnya film animasi terbaik seperti Big Hero 6, Frozen dan lainnya yang diproduksi Walt Disney. Bahkan yang menarik karakter Pinocchio telah menjadi kisah dunia yang fenomenal bagi anak-anak untuk tidak berbohong dan selalu berkata jujur.

Film Pinocchio telah terbukti kualitasnya dengan meraih piala Oscar untuk dua kategori yaitu, Best Music, Original Song dan Best Music, Original Score tahun 1941. Penghasilan yang diperoleh senilai 84,3 juta dollar memang tidaklah sebesar film-film terbaru saat ini. Mengingat tahun 1941 film animasi masih sangat jarang dan di Indonesia sendiri bisokop yang menayangkan film ini pun mungkin tak ada. Kita hanya tahu di tahun-tahun 1990 han saat menontonnya di televisi.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_highest-grossing_animated_films
http://www.rottentomatoes.com/top/bestofrt/top_100_animation_movies/?category=2
imdb.com

5 Comments

5 Comments

  1. dea nurlaili

    August 20, 2015 at 21:51

    Comment wah bagus-bagus animasinya tapi kok ga da naruto sih?

  2. khaerul

    February 15, 2016 at 09:11

    naruto mah jepang ath kasep …. kan ini mah hollywood!!!

  3. Pingback: Berkenalan dengan 10 Hewan Laut dalam Film Animasi Finding Dory - 4muda.com

  4. taufik

    May 23, 2016 at 19:22

    Zootopia koq belum masuk itu kan best of the best mendidik dan memberi motivasi penonton

  5. fim kartun

    August 20, 2016 at 23:52

    Frozen salah satu yang terbaik dah.. bahkan karakter elsa diklaim karakter animasi tercantik sepanjang masa yang pernah di bikin disney

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top